Kidung Penyuluh Pertanian Indonesia (II)

admin  |  at  06.33  | No comments

Kidung Penyuluh Pertanian Indonesia (II)


Pengantar : Tulisan ini merupakan sambungan dari tulisan yang sebelumnya dengan judul ” Kidung Penyuluh Pertanian Indonesia I“.  Tulisan ini merupakan karya dari Bapak Mulyono Machmur, Ketua Umum Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI).

Kembali pada salah satu peran penyuluh pertanian yaitu membentuk karakter petani yang kuat kemandirianya (self help) dan auto aktivitasnya.  Karakter dan sifat-sifat pribadi apa yang sebaiknya dimiliki oleh manusia Indonesia masa kini, Prof. DR. Muchtar Kusumaatmadja mengemukakan sebagai berikut :
Sifat pribadi pertama yang harus dimiliki adalah adalah sifat cermat. Kecermatan sebagai lawan arti kecerobohan atau asal saja adalah satu sifat yang perlu sekali dimiliki dalam masyarakat masa kini (modern).   Orang yang cermat kemungkinan majunya lebih besar daripada orang yang tidak cermat.  Kecermatan di dalam segala hal merupakan suatu sifat yang mutlak harus dimiliki dalam masyarakat masa kini.

Sifat pribadi yang kedua yang diperlukan adalah sifat hemat. Salah satu sebab mengapa orang Indonesia sering kalah dalam persaingan dengan bangsa lain adalah karena dia tidak hemat, artinya kurang bisa mengatur kekayaanya untuk tujuan-tujuan yang produktif.  Hemat tidak berarti kikir melainkan berarti tidak mengadakan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu atau tidak ada manfaatnya. Hemat tidak saja dapat diterapkan pada kekayaan tetapi juga pada tenaga, pikiran dan waktu.

Sifat pribadi ketiga yang diperluka manusia Indonesia masa kini adalah sifat rajin.  Di dalam dunia yang bersaing sudah tidak ada tempatnya bagi orang yang malas.

Sikap yang malas atau tidak suka bekerja memang tidak menjadi soal  dalam masyarakat yang tertutup di mana tidak terdapat banyak kegiatan selain kegiatan berburu atau bercocok tanam  dan kegiatan lainnya memenuhiu kebutuhan primer.  Di dalam masyarakat kini yang penuh dengan persaingan sifat malas, akan mengakibatkan kerugian pada kita.

Sifat pribadi lainnya yang perlu dimiliki dalam masa kini adalah sifat jujur. Kejujuran memang merupakan suatu sifat yang dianjurkan oleh agama dan etika sejak nenek  moyang kita.  Tetapi di dalam pergaulan masa kini sifat jujur juga merupakan suatu keharusan.  Lepas daripada apakah itu sifat yang dititahkan agama atau secara etika sifat yang terpuji, orang jujur di dalam perdagangan atau pinjam meminjam akan mendapatkan kepercayaan dan kepercayaan adalah modal di dalam kita berusaha.   Dengan perkataan lain dalam pergaulan masa kini kejujurann itu perlu demi kemajuan lepas daripada dianjurkan tidaknya sifat ini oleh agama atau norma-norma etika.

Sifat manusia Indonesia masa kini yang lain yang perlu diperhatikan adalah sifat bertepat waktu.  Orang yang bertepat waktu selain bisa menggunakan waktunya lebih hemat,  juga menunjukkan hormatnya kepada partner pergaulannya.

Segala hubungan akan dipermudah dan berjalan lebih effisien apabila orang-orang bertepat waktu.  Bertepat janji sangat penting bagi  pemeliharaan kepercayaan orang pada diri kita.  Hal ini menjadi dasar  yang penting dalam bidang usaha dan perdagangan.

Tegas tapi bijaksana.   Sifat lain yang perlu dimiliki oleh manusia Indonesia masa kini adalah untuk bersifat tegas mengenai sesuatu.  Sukap yang tegas akan menghilangkan keragu-raguan pada pihak ketiga tentang keinginan kita atau langkah – langkah yang akan kita ambil.
Dengan demikian bisa dihindarkan pemborosan waktu dan salah paham yang mungkin timbul karena tidak adanya ketegasan.  Karena sikap tegas menyangkut  pihak ketiga di dalam pelaksanaannya ketegasan  harus disertai dengan sikap yang bijaksana, terutama terhadap orang yang menjadi sasaran daripada sikap tegas itu.

Sifat lain yang juga dimiliki oleh manusia Indonesia masa kini adalah sifat berani. Keberanian diperlukan dalam hal-hal kita menghadapi resiko atau persoalan baru.  Tanpa sifat berani tidak mungkin bisa terjadi perubahan atau perbaikan.  Seperti juga halnya dengan sifat tegas, keberanian juga harus disertai sifat lain yaitu sifat berhati-hati.  Terlalu berani atau terlalu banyak mengambil resiko tanpa perhitungan yang matang tidak membawa keuntungan bahkan kerugian.

Sifat teguh memegang prinsip atau prinsipil. Sifat teguh memegang prinsip atau prinsipil.  Sifat teguh memegang prinsip mempunyai keuntungan bahwa kita tidak mudah tergoyahkan atau tergoda untuk melakukan hal-hal yang kurang baik, bahkan menjerumuskan.

Namun seringkali dalam menghadapi orang lain yang tidak memiliki sikap ini, ada baiknya kita menunjukkan sikap yang mau mengerti atau toleran.  Yang penting adalah bahwa terhadap sesuatu yang tidak baik, kita sendiri untuk diri sendiri bersikap prinsipil atau memegang teguh prinsip.  Kita harus memiliki pengertian bahwa orang lain mungkin tidak dapat bersikap demikian.

Demikianlah beberapa sifat pribadi yang harus dimiliki oleh manusia Indonesia masa kini, apabila ia hendak berhasil dalam persaingannya dengan manusia bangsa lain.  Karena sifat-sifat yang tadi diuraikan merupakan sifat-sifat yang universal berlaku di dalam pergaulan antara bangsa (sumber : Sinar Tani, Edisi 24 – 30 Maret 2010 No. 3347 Tahun XL).


About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 SISTIM PERTANIAN . WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.